Konsep Dan Prinsip Analisis

Materi Kuliah : Rekayasa Perangkat Lunak


Konsep Dan Prinsip Analisis Pada Perancangan Perangkat Lunak



Konsep Dan Prinsip Analisis Merupakan

  • Tahap Setelah sistem rekayasa selesai, insinyur perangkat lunak perlu melihat peran perangkat lunak dalam sistem yang diusulkan.
  • Software persyaratan analisis diperlukan untuk menghindari terciptanya produk perangkat lunak yang gagal untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
  • Data, fungsional, dan persyaratan perilaku yang ditimbulkan dari pelanggan dan disempurnakan untuk membuat spesifikasi yang dapat digunakan untuk merancang sistem.
  • Software persyaratan produk kerja harus ditinjau untuk kejelasan, kelengkapan, dan konsistensi

Question?


  • Apa yang anda ketahui mengenai analisis persyaratan?
  • Analisis persyaratan PL jelas merupakan langkah komunikasi yang paling intensif dalam proses rekayasa PL. Mengapa jalur komunikasi sering terputus-putus?
  • Bagaimana persepsi anda mengenai latar belakang dan pelatihan ideal untuk analis sistem?
  • Posisikan anda sebagai seorang analis dan saat ini anda berhadapan dengan seorang pelanggan (seorang pemasok suku cadang kendaraan bermotor) yang kesulitan dalam sistem kontrol inventaris manualnya, buatlah analisa mengenai apa saja yang berhubungan dengan evaluasi masalah dan juga informasi yang akan digunakan pada proses input-output dari sistem yang akan anda tawarkan dan dibuat nantinya.
Artikel ini hanya sebagian dari isi artikel ,Untuk materi lengkap beserta gambarnya tentang Konsep Dan Prinsip Analisis silahkan download file PPT nya Disini :


Silahkan di Unduh
(Setelah KLIK "Download" lalu tunggu 5 detik sampai muncul "SKIP AD" di sudut kanan atas. Lalu klik "SKIP AD" untuk mendownload)


FILE SCRIBD


    Berpenghasilan Dari Sekedar Ngeblog

    Artikel Terkait Materi Kuliah TI

      Komunikasi Data

      Pemograman

      Sistem Operasi

      Matematika Diskrit & Logika

      Arsitektur Komputer

      Interaksi Manusia Dan Komputer

      Probabilitas Dan Statistik

      Jaringan Komputer

      Teknik Digital

      Sistem Informasi Manajemen Dan Bisnis

      Rekayasa Perangkat Lunak

      Teknik Perantara Peripheral



      ARTIKEL LAINNYA :


      TRIK WINDOWS============================


      DESIGN========================================

      INTERNET==================================

      SECURITY======================================



      EARN $==================================











      SEO


      TUTORIAL BLOG


      WIDGET


      TOOL BLOG



       

      Metode Desain Perangkat Lunak

      Materi Kuliah : Rekayasa Perangkat Lunak 



      Langkah - Langkah Untuk  Mendesain Suatu Perangkat Lunak



      Metode Desain Adalah :

      • Proses multi langkah di mana representasi struktur data, struktur program, karakteristik interface, dan detail prosedur disintesis dari persyaratan informasi
      • Metode yang dibutuhkan untuk membuat masing2 lapisan model desain (desain data -> desain interface ->desain arsitektural ->desain prosedural)
      • Sasaran -> memberikan suatu pendekatan sistematis bagi penarikan desain – cetak biru untuk membangun suatu PL

      Bagian Penting Dalam Metode Desain Perangkat Lunak 

      • Desain data
      • Desain arsitektur
      • Proses desain arsitektur
      • Pemetaan transformasi
      • Pemetaan transaksi
      • Pasca pemrosesan desain
      • Optimasi desain arsitektur
      • Desain interface
      • Desain interface manusia-mesin
      • Pedoman desain interface
      • Desain prosedural

      Prinsip yang dapat digunakan untuk menentukan dan mendesain data

      • Prinsip analisis sistematik yg diaplikasikan pada fungsi & perilaku seharusnya diaplikasikan juga pada data
      • Semua struktur data & operasi yg akan dilakukan pd masing2 struktur data harus diidentifikasi
      • Kamus data harus dibangun dan digunakan untuk menentukan baik data maupun desain program
      • Keputusan desain data tingkat rendah harus ditunda sampai akhir proses desain
      • Representasi struktur data hanya boleh diketahui oleh modul - modul yang harus digunakan secara langsung data yg diisikan di dalam struktur tersebut
      • Pustaka stuktur data dan operasi yg berguna yang dapat diaplikasikan pada stuktur data tersebut harus dikembangkan
      • Desain PL dan bahasa pemrograman harus medukung spesifikasi dan realisasi dari tipe2 data abstrak


      Desain arsitektur Adalah

      • Sasaran -> Untuk mengembangkan struktur program modular dan merepresentasikan hubungan kontrol antar modul
      • Membentuk struktur program dan struktur data dengan menentukan interface yg memungkinkan data mengalir melalui program
      • Kontributor -> konsep desain awal yg menekankan pd modularitas, desain top-down dan structural programming
      • Area aplikasi ->semua PL dapat direpresentasikan o/ suatu DAD, maka metode desain yg menggunakan diagram dpt secara teoritis diaplikasikan pd pengembangan PL


      Proses desain arsitektur

      • Desain yg berorientasi pd aliran data merupakan suatu metode desain arsitektur yg mengijinkan transisi yg baik dari model analisis ke deskripsi desain dari struktur program
      • Transisi dari aliran informasi (DAD):
      • Tipe aliran informasi dibangun
      • Batas aliran diindikasikan
      • DFD dipetakan ke dalam struktur program
      • Hirarki kontrol ditentukan dengan pemfaktoran
      • Struktur resultan disaring dengan menggunakan pengukuran desain

      Pemetaan Transformasi


      Serangkaian langkah desain yg mengijinkan sebuah DFD dengan karakteristik aliran informasi u/ dipetakan ke dalam template yg telah ditentukan sebelumnya u/ struktur program
      Sebuah contoh

      Langkah2 desain


      •     Langkah1: kajilah model sistem fundamental (mencakup DFD tingkat 0 dan informasi yg mendukung)
      •     Langkah2: kajilah dan saring diagram aliran u/ Pl tsb (lanjut ke DFD tingkat2)
      •     Langkah3: tentukan apakah DFD memiliki karakteristik aliran transformasi dan transaksi (DFD tingkat 3)
      •     Langkah4: Isolasi pusat transformasi dengan mengkhususkan batas aliran masuk dan keluar
      •     Langkah5: “pemfaktoran tingkat pertama” (pemfaktoran menghasilkan struktur program di mana modul tingkat puncak membuat keputusan, modul bawah melakukan kerja input, komputasi, input dan menengah menjalankan beberapa kontrol dan sejumlah kerja)
      •     Langkah6: lakukan pemfaktoran tingkat 2, dengan memetakan transformasi (gelembung) individual dari suatu DFD ke dalam modul2 yg sesuai dlm struktur program
      •     Langkah7: saringlah struktur program iterasi pertama dengan menggunakan heuristik desain bagi kualitas PL yg telah ditingkatkan

      Artikel ini hanya sebagian dari isi artikel ,Untuk materi lengkap beserta gambarnya tentang Metode Desain Perangkat Lunak silahkan download file PPT nya Disini :




      Silahkan di Unduh
      (Setelah KLIK "Download" lalu tunggu 5 detik sampai muncul "SKIP AD" di sudut kanan atas. Lalu klik "SKIP AD" untuk mendownload)


      Berpenghasilan Dari Sekedar Ngeblog

      Artikel Terkait Materi Kuliah TI

        Komunikasi Data

        Pemograman

        Sistem Operasi

        Matematika Diskrit & Logika

        Arsitektur Komputer

        Interaksi Manusia Dan Komputer

        Probabilitas Dan Statistik

        Jaringan Komputer

        Teknik Digital

        Sistem Informasi Manajemen Dan Bisnis

        Rekayasa Perangkat Lunak

        Teknik Perantara Peripheral



        ARTIKEL LAINNYA :


        TRIK WINDOWS============================


        DESIGN========================================

        INTERNET==================================

        SECURITY======================================



        EARN $==================================











        SEO


        TUTORIAL BLOG


        WIDGET


        TOOL BLOG



         
        Zona Download Software Gratis
        DESIGN
        SECURITY
        TOOLS WINDOWS
        • CamStudio 8  (Tool untuk merekam layar komputer ke format video)
        INTERNET
        AUDIO/VIDEO
        OTHERS