Tips Jika Tidak Ingin Rugi Menabung Di Bank

Tips Jika Tidak Ingin Rugi Menabung Di Bank

Tips Menabung di Bank

Tips Menabung di Bank


             Cara termudah untuk hemat adalah dengan menabung.konsep Menabung selalu berevolusi dari waktu ke waktu, mulai dari menyimpan di rumah, tabungan sekolah, simpanan koperasi, sampai tabungan di bank.Menabung dilakukan untuk mengumpulkan uang agar bisa digunakan untuk dipergunakan di lain waktu. apakah untuk memperoleh sesuatu jasa, membeli suatu barang, simpanan cadangan untuk masa depan, atau keperluan lainnya. Dengan menabung, uang yang dimiliki saat ini tidak dihabiskan, namun disimpan untuk penggunaan di lain waktu. Tantangan dalam menabung biasanya adalah di saat uang yang terkumpul sudah cukup, timbul keinginan untuk dipakai dan dibelanjakan, terkadang melupakan tujuan awal dari menabung itu pada awal-awal memulai menabung.Jika jumlah tabungan kita tidak terlalu besar, penyimpanan di rumah adalah pilian yang cukup tepat. Namun jika jumlah yang disimpan sudah mencapai nilai tertentu yang menurut kita rawan hilang, ada baiknya tabungan dipindahkan ke jasa penyimpanan uang. Jasa tadi bisa berupa koperasi atau bank. Perbedaan koperasi dengan bank adalah jika kita menabung di koperasi, bisa mendapatkan komisi berupa sisa hasil usaha (SHU) koperasi di awal tahun, untuk simpanan di bank, kita menerima komisi berupa bunga bank yang diterima bulanan.

Kiat-kiat menabung di bank yang optimal, agar kita tidak merugi



1. Cek Biaya bulanan atau biaya tahunan


Sebagai institusi profit, bank akan menarik biaya administrasi (biasanya bulanan, namun ada juga yang tiga bulanan). Biaya tadi dipergunakan untuk operasional bank sendiri dan juga jasa penyimpanan di bank tersebut. Setiap bank memberikan harga bulanan yang berbeda-beda bergantung dari fasilitas yang kita minta / nikmati. Umumnya, biay aini berkisar antara 2.500 – 15.000 per bulan.


2. Cek setoran awal


Untuk membuka rekening tabungan baru, bank akan mematok sebuah angka minimum setoran. Setoran ini merupakan komitmen dari nasabah untuk tetap memiliki rekening di bank tersebut. Setoran awal biasanya tidak bisa diambil dalam 1-2-3 bulan pertama (setiap bank berbeda-beda)


3. Cek minimum saldo


Sebagian besar Bank akan meminta pelanggnnya untuk memiliki saldo minimum, jika saldo kita berada di bawah angka saldo minimum, bank akan memberikan pinalti dengan memotong saldo kita dengan besaran tertentu, biasanya sebesar Rp. 5.000 – 10.000 per bulan. Pada bank tertentu, jika saldo minimum sudah berusia beberapa bulan (3-6 bulan, bervariasi antar bank), bank berhak untuk menutup rekening nasabah dikarenakan tidak tersedianya cukup dana untuk disimpan.


4. Cek setoran minimum


Bank akan memberlakukan aturan setoran minimum yang diperbolehkan. Kemungkinan ini efeknye terhadapefisiensi sumber daya bank dalam melayani nasabahnya. Karena untuk jumlah uang yang besar atau kecil akan memakan sumber daya yang relatif sama.


5. Cek Suku bunga tabungan (atau bagi hasil) dari bank


Apa itu suku bunga atau bagi hasil? Bank akan memberikan semacam tambahan dana di tabungan kita sebagai insentif dari hasil penyimpanan uang kita di bank tersebut. Bank biasa akan menerapkan suku bunga fix sebesar sekitar 1-4% per tahun dari saldo yang kita miliki. Sedangkan untuk bank syariah, insentif yang diberikan merupakan persentasi dari keuntungan yang didapat oleh bank syariah tersebut. Insentif ini bervariasi bergantung dari besaran uang yang kita simpan. Biasanya, semakin banyak jumlah tabungan kita, maka semakin besar % insentif yang diberikan. Insentif ini akan automatis ditambahkan dalam saldo tabungan kita, namun juga akan langsung dipotong oleh pajak penghasilan sebesar 15% dari insentif tadi.


6. Print buku tabungan setiap paling telat 2 (dua) bulan sekali


Print buku tabungan sangat berguna untuk mengetahui semua transaksi yang dilakukan diluar loket bank. Mengapa ada transaksi yang terjadi diluar loket bank? karena bank sekarang ini menawarkan kartu ATM yang berfungsi salah satunya adalah mengambil uang dari mesin ATM. Selain dari mengambil uang, dari ATM bisa dilakukan transfer ke rekening lain, pembayaran jasa dari operator (PLN, PDAM, TELKOM, dll), isi pulsa HP, lohat saldo, dll. kartu ATM juga dapat dipakai sebagai kareti debit untuk berbelanja di toko-toko tertentu. Print buku tabungan diperlukan untuk verifikasi data saja, apakah yang tercetak dengan yang kita lakukan di ATM tercatat dengan benar. JIka ada transaksi yang janggal, bisa dilaporkan segera. Jika kita mencetak buku > 3 (tiga) bulan, bank tertentu akan mengumpulkan transaksi debet dan kredit kita jadi satu, sehingga kita tidak bisa mengetahui rincian transaksi bank. Jika tetep ingin mengetahui rincian transaksi, bisa meminta rekening koran kepada Customer Service bank tersebut. Bank tertentu memungut bayaran untuk mencetak Rekening Koran.


7. Hati-hati dengan kartu ATM yang kita miliki


Kartu ATM adalah kunci pintu untuk masuk ke rekening kita. Kartu ATM memerlukan Personal Identity Number (PIN) yang seharusnya tidak dishare dengan orang lain. Karena kartu ATM adalah uang kita juga, maka berhati-hatilah dalam bertransaksi menggunakan kartu ATM untuk debet rekening saat belanja. Pastikan jumlah belanjaan kita dan yang tercetak di printout mesin gesek adalah sama besar. Jangan lupa pula untuk meminta kembali kartu ATM kita setelah bertransaksi. Jika kartu ATM kita tertelan di mesin ATM, bisa baca tips berikut.


8. Jagalah selalu saldo minimum anda


Seperti yang telah diulas diatas, bank akan memberikan insentif kepada nasabahnya, namun bank juga akan menarik uang iuran bulanan dari tabungan kita. Jadi kita sebagai nasabah bank harus jeli, jangan sampai terjadi insentif yang diterima lebih rendah dari biaya administrasi yang harus dibayarkan. Jika hal ini terjadi, maka uang kita di bank bukannya bertambah malahan berkurang.
Di bawah ini terdapat tabel perbandingan rekomendasi saldo minimum yang harus berada di tabungan jika kita tidak ingin tabungan kita berkurang karena biaya administrasi.
Cara membacanya :
baris merupakan tingkat suku bunga
kolom merupakan biaya administrasi
angka merah merupakan saldo minimum yang harus dimiliki agar tidak defisit saldo kita.


contoh : jika suku bunga bank 2.5% setahun, dengan biaya administrasi bulanan 10.000, maka saldo minimum dicari di baris keempat dan kolom keempat (didapat angka 4,8 juta) inilah jumlah saldo minimum di tabungan kita agar insentif > biaya administrasi.


Kiat-kiat menabung di bank yang optimal, agar kita tidak merugi








 Source





ARTIKEL LAINNYA :



TRIK WINDOWS============================


DESIGN========================================

INTERNET==================================

SECURITY======================================



EARN $==================================








Penulis : ADMIN ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Tips Jika Tidak Ingin Rugi Menabung Di Bank ini dipublish oleh ADMIN pada hari Monday, March 19, 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Tips Jika Tidak Ingin Rugi Menabung Di Bank
 

0 comments:

Post a Comment

Zona Download Software Gratis
DESIGN
SECURITY
TOOLS WINDOWS
  • CamStudio 8  (Tool untuk merekam layar komputer ke format video)
INTERNET
AUDIO/VIDEO
OTHERS