Keterkaitan IMK Dalam Berbagai Displin Ilmu


TUGAS 1 MATA KULIAH INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER


Keterkaitan IMK Dalam Berbagai Displin Ilmu



     Tujuan utama disusunnya berbagai cara interaksi manusia dan computer (IMK) atau disebut juga dengan Human Computer Interaction (HCI) yaitu untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer. Maka dari itu para perancang antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya (user friendly). Untuk membuat design interface ini dibutuhkan hal-hal yang sangat penting bersangkutan dengan ilmu-ilmu IMK, yaitu :

1.Computer Science

Keterkaitan IMK dengan ilmu komputer (desain aplikasi & teknik human interface)dalam bidang komputer dan teknologi saat ini,kita dapat berbicara baik dari sisi perangkat keras maupun perangkat lunak. Selain perangkat keras juga perlu adanya dibekali keahlian dari sisi perangkat lunak sehingga kita mampu mengimplementasikan hasil rancangan ke dalam program aplikasi.Dengan kata lain,bidang Computer Science ini memberikan kita semacam kerangka kerja yang memungkinkan kita untuk merancang sistem interaksi manusia -komputer sehingga dapat menghasilkan sebuah sistem yang mudah di gunakan,aman,efektif, dan efisien.

2.Cognitive Psychology

Cognitive Psychology (Psikologi Kognitif) adalah ilmu yang mempelajari tentang cara manusia menerima, mempersepsi, mempelajari, menalar, mengingat dan berpikir tentang suatu informasi.dengan hubungan ilmu psikologi kognitif ini,IMK dapat dengan mudah melakukan pengaplikasian dan teori proses kognitif dan menganalisis perilaku user yang membantu dalam memahami sifat,kebiasaan, persepsi ,pengolahan kognitif dan ketrampilan motorik pengguna sehingga menghasilkan program yang lebih user friendly.


3. Social and Organizational Psychology

Social and Organizational Psychology  (Sosial dan psikologi organisasi) yaitu memeriksa dan memahami masalah organisasi dari berbagai perspektif dan konteks dari individu, kelompok, dan tingkat organisasi.dengan ini IMK dapat sukses dalam pasar kerja yang beragam juga persaingan bisnis yang semakin ketat dan cepat berubah saat ini.

4. Ergonomics and Human Factors

Ergonomics and Human Factors (Ergonomik dan factor manusia) berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misal : bentuk meja & kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan lampu, kebersihan tempat kerja dan berbagai aspek lain yang sangat berpengaruh terhadap interaksi manusia.

5.Engineering

Engineering (teknik) yaitu disiplin, seni, keterampilan, profesi dan teknologi memperoleh dan menerapkan ilmu pengetahuan , matematika , ekonomi pengetahuan, sosial, dan praktis, untuk merancang dan membangun struktur, mesin, perangkat, sistem, bahan dan proses . dengan menguasai Teknik-teknik yang dapat digunakan dalam perancangan user interface agar lebih efektif.

6.Design

Design (desain) yaitu seni terapan, arsitektur, atau juga kerap diartikan sebagai rancangan. Kemajuan dalam bidang IMK diperoleh dari usaha eksplorasi dan kreatifitas desain yang dibuat sehingga dapat menghasilkan produk yang interaktif dan efisien.

7.Anthropology

Anthropology (antropologi) ilmu pengetahuan tentang manusia, memberi suatu pandangan tentang cara kerja berkelompok yang masing – masing anggotanya dapat memberikan konstribusi sesuai dengan bidangnya.Contoh keterkaitannya dengan IMK : Perusahaan di bidang televisi memiliki 100 karyawan . Bagaimana masing-masing individu di dalam kantor tsb berinteraksi dengan teknologi, sangat menentukan masa depan perusahaan itu.intinya lebih menekankan pada interaksi antara teknologi, work,dan organisasi.

8.sosiologi

Pada IMK, sosiologi berhubungan dengan pengaruh sistem komputer dalam struktur sosial. Pada intinya faktor ini merupakan konteks dari suatu interaksi.

9.Philosophy

Philosophy (filsafat) adalah studi tentang masalah umum dan mendasar, seperti yang berhubungan dengan eksistensi ,pengetahuan ,nilai ,akal,pikiran ,dan bahasa sehingga dapat berperan untuk memberikan landasan filosofik dalam memahami berbagi konsep bagi penerapan  interaksi manusia dan komputer.

10.Linguistics

Linguistics merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus agar manusia dapat berinteraksi dengan komputer dengan baik dan mengurangi  kebingungan pada pengguna, Peran bahasa yang digunakan sebagai antarmuka sangat penting, agar user lebih mudah menggunakan sistem dan tidak terjadi kesalah pahaman maka dibutuhkan komposisi bahasa yang sangat baik, yang dapat dengan mudah dimengerti oleh user.

11.Artificial Intelegent

Artificial Intelegent  (kecerdasan buatan) didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah.Mempunyai peran untuk menciptakan suatu sistem yang betul-betul andal,canggih dan menyerupai pola berpikir manusia, misalnya Robot. Dengan demikian faktor ini menyebabkan perkembangan HCI semakin sulit dibayangkan.


PENJELASAN Keterkaitan IMK Dalam Berbagai Displin Ilmu


Berpenghasilan Dari Sekedar Ngeblog

Artikel Terkait Materi Kuliah TI

    Komunikasi Data

    Pemograman

    Sistem Operasi

    Matematika Diskrit & Logika

    Arsitektur Komputer

    Interaksi Manusia Dan Komputer

    Probabilitas Dan Statistik

    Jaringan Komputer

    Teknik Digital

    Sistem Informasi Manajemen Dan Bisnis

    Rekayasa Perangkat Lunak

    Teknik Perantara Peripheral



    ARTIKEL LAINNYA :


    TRIK WINDOWS============================


    DESIGN========================================

    INTERNET==================================

    SECURITY======================================



    EARN $==================================











    SEO


    TUTORIAL BLOG


    WIDGET


    TOOL BLOG



    Penulis : ADMIN ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

    Artikel Keterkaitan IMK Dalam Berbagai Displin Ilmu ini dipublish oleh ADMIN pada hari Friday, March 9, 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Keterkaitan IMK Dalam Berbagai Displin Ilmu
     

    0 comments:

    Post a Comment

    Zona Download Software Gratis
    DESIGN
    SECURITY
    TOOLS WINDOWS
    • CamStudio 8  (Tool untuk merekam layar komputer ke format video)
    INTERNET
    AUDIO/VIDEO
    OTHERS