Tips Berguna Dalam Web Design

Tips Dalam Mendesign Blog Agar Lebih GUI


Tips Berguna Dalam Web Design


Panduan lengkap agar blog lebih User Friendly dengan tampilan yang GUI (Graphic User Interface):

Trisatya Blog.Web Design adalah seni dan proses mengkombinasikan unsur-unsur disain tunggal seperti garis, bentuk, tekstur, warna dan proses menciptakan Halaman web tunggal atau keseluruhan Lokasi Web dan boleh melibatkan kedua-duanya, aesthetics dan mekanika suatu operasi Web site terutama memusat pada visual dan terlihat seperti Lokasi Web. Sebagian dari aspek yang mungkin adalah tercakup di Web.

Design atau Produksi Web adalah grafik dan ciptaan animasi, mewarnai pemilihan, pemilihan huruf, disain navigasi, ciptaan isi. HTML/XML yang pengarang, JavaScript yang memprogram, dan ecommerce sebagai pengembangannya. Web Disain adalah suatu format terbitan elektronik.

Tugas seorang desainer Web secara umum adalah menentukan ?look and feel? dari sebuah situs Web. Secara langsung atau tidak, kita harus menguasai dan memahami hal-hal yang berkaitan dengan tampilan dari sebuah situs Web. Seorang desainer Web harus pula memahami penerapan aspek-aspek yang terdapat di dalam desain Web, walaupuan tidak menguasai. Seperti halnya Java Script, kita tidak wajib mengetahui dan mampu membuat Java Script sendiri untuk kebutuhan desain, namun bagaimana dan estetika penerapan Java Script pada desain akan sangat menguntungkan bila kita memahaminya.

Dalam membuat Web, seorang desainer Web menentukan aspek-aspek desain yang diperlukan seperti pemilihan Font, warna, tataletak, dan lainnya. Tugas seorang desainer Web tidaklah semudah yang dibayangkan, penguasaan software-software grafis dan animasi dan HTML authoring saja tidak cukup untuk membuat situs Web yang baik. Banyak hal yang harus menjadi pertimbangan, terlebih bila dihadapkan dengan keinginan Klien, kita akan dihadapkan dengan kepuasan klien. Terkadang idealisme kita sebagai desainer Web akan kalah dengan idealisme klien.

Berikut ini beberapa Tips dalam mendesign web yang telah saya kumpulkan dari berbagai sumber


1. Mulai dengan Mempelajari Desain Minimalis
– Desain minimalis adalah gaya desain pertama yang harus Anda kuasai. Dalam desain minimalis, Anda dituntut untuk menghasilkan desain yang efektif tanpa perlu disibukkan dengan detail-detail yang tidak begitu penting. Dengan menguasai desain minimalis, maka sebenarnya Anda telah menjalankan tujuan utama yang diharapkan dalam desain web yaitu membuat situs yang berfungsi.

2. Selalu Memulai dengan Struktur yang Matang – Masalah yang sering terjadi adalah sering kali si desainer terlalu disibukkan dengan detail-detail kecil seperti tekstur, warna, atau font. Padahal hal penting pertama yang harus dipikirkan adalah merencanakan struktur situs. Sebuah blog memiliki struktur berbeda dengan portfolio karena isinya lebih cepat diperbarui. Blog perusahaan memiliki gaya berbeda dengan blog personal.
Oleh karena itu, langkah awal mendesain web tidak dilakukan di Photoshop. Tapi, dengan coretan-coretan pensil di selembar kertas. Detail-detail kecil seperti tekstur atau warna situs bisa diputuskan setelah struktur penting berhasil diperoleh.

3. Selalu fokus Pada Fungsi – Web desainer bukanlah seorang seniman. Web desainer adalah seorang desainer yang memiliki tugas menyampaikan pesan melalui situs. Jadi, fokuslah pada fungsi situs bukan pada hiasan-hiasan dan pernak-pernik situs.
Animasi memang menarik. Gambar latar besar juga terlihat bagus. Tapi, sebelum menggunakannya tanyakan pada diri Anda “Apakah pemilik dan pengunjung situs membutuhkannya?” Untuk memahami fungsi dalam desain web, biasakan untuk rutin membaca artikel terkait usability dan user experience.

4. Ikuti Struktur Desain Web Yang Sudah Baku – Mungkin Anda telah memperhatikan bahwa biasanya blog memiliki struktur dua kolom dengan sidebar di kanan dan logo di kiri atas. Layout ini digunakan banyak orang karena fakta sederhana, berhasil. Studi usabilitas menunjukkan bahwa pengunjung sudah terbiasa dengan sidebar di kanan dan isi blog di kiri. Pengunjung juga secara alami mengetahui bahwa sisi kiri atas berisi identitas situs yang jika diklik akan membawanya ke halaman depan. Jika Anda mendesain blog, maka kemungkinan besar layout inilah yang harus Anda gunakan.
Desain web telah berkembang pesat dan semua standar yang ada saat ini adalah hasil penelitian melelahkan para ahli. Jadi, jangan pernah menganggap layout desain dua kolom atau teks hitam di atas putih sebagai membosankan. Jangan ragu untuk menggunakannya hanya karena orang lain menggunakannya juga.

5. Perhatikan Trend Desain Web Saat Ini – Seperti jenis desain lainnya, desain web pun memiliki trendnya sendiri. Misalnya, trend saat ini adalah maraknya penggunaan tekstur secara lembut (subtle). Anda bisa memperoleh informasi trend yang ada saat ini dengan memperhatikan desain situs-situs terkemuka, situs portfolio desainer semacam dribbble, atau melalui desain populer di marketplace seperti themeforest.

6. Kuasai Software yang DigunakanSatu hal yang perlu dipahami adalah Anda tidak harus menguasai semua aspek teknis dalam mendesain web. Bisa jadi seorang desainer web hanya pintar Photoshop tanpa bisa sedikitpun CSS atau sebaliknya. Kekurangan ini bisa ditangani dengan mencari partner lain yang memiliki skill berbeda dengan Anda.
Anda juga tidak perlu mempersoalkan software yang digunakan dalam mendesain. Sebagian desainer memilih Photoshop dan sebagian lagi memilih Fireworks. Silakan pilih software yang Anda suka dan kuasailah dengan sungguh-sungguh.

7. Pelajari Dasar-dasar Tipografi – Tipografi web adalah area detail yang sangat penting namun sering kali disepelekan. Tipografi memegang peran penting karena menjembatani pesan dari pemilik situs pada pengunjungnya.
Perhatikan pula bahwa tipografi dalam desain web berbeda dengan desain di medium lainnya. Teks di situs bisa muncul dalam browser berbeda dengan kombinasi font yang berbeda. Oleh karena itu, gunakanlah waktu Anda untuk mempelajari kombinasi font dan setting yang relatif berguna dalam semua kondisi.

8. Jangan Lupakan Whitespace – Whitespace adalah area kosong yang memberi ruang bernafas bagi pengunjung situs. Whitespace memberikan ruang bagi pengunjung untuk fokus pada area-area tertentu dan juga memberikan struktur yang logis pada tampilan situs. Tanpa whitespace, situs akan terlihat terlalu penuh dan membingungkan pengunjung.

Selain memperhatikan design, dalam pembuatan web yang tidak kalah pentingnya adalah isi dari website itu sendiri.



Berikut adalah tipsnya:


Tujuh kriteria penting dalam membuat sebuah website yang istilahnya“award-winning”, menurut Bill Rice, President of the Web Marketing Association  dari A Clear Eye, yang linknya diperoleh dari milis web developer non lokal.
Here are 7 characteristics to consider when creating and/or refining your Web site into an award winning site

1. Desain - Sebagian besar dari kita menilai buku dari sampulnya dan yang sama berlaku untuk situs Web. Jika situs terlihat tua dan tidak canggih, situs kehilangan banyak kredibilitasnya. Jika desain saat ini dan up to date, maka pengguna akan lebih cenderung untuk melanjutkan dan menggali lebih dalam konten. Menggali lebih dalam isi berarti mereka tinggal di situs lebih lama dan akan lebih cenderung memiliki perasaan positif bagi merek atau mengkonversi ke penjualan.

2.
Konten - "Konten adalah raja" telah menjadi mantra paling memenangkan penghargaan situs web. Pengunjung masuk ke situs Web untuk konten dan jika konten tersebut hilang maka mereka akan meninggalkan kecewa. RSS (Really Simple Syndication) sekarang berarti bahwa konten dapat dengan mudah sindikasi dan mulus diintegrasikan ke dalam desain halaman3. Inovasi - Kadang-kadang disebut "wow" faktor, inovasi adalah mungkin yang paling sulit untuk dicapai. Segera setelah semua orang menyadari apa yang ada di situs Anda dan salinan itu, Anda telah kehilangan tepi inovatif, meninggalkan Anda dengan kebutuhan untuk menciptakan sesuatu yang baru lagi. Widget, atau aplikasi kecil yang duduk di desktop atau ditambahkan ke situs media sosial, adalah baru "keren" hal. Ingatlah untuk mengembangkan sesuatu yang pengunjung Anda akan benar-benar ingin menggunakan4. Teknologi - Penggunaan teknologi secara signifikan dapat mempengaruhi kegunaan situs Web dan kemampuan untuk memberikan isinya. Jika situs menggunakan teknologi terlalu banyak, pengguna mungkin harus bekerja lebih keras untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan. Di sisi lain, penggunaan teknologi yang efektif muncul dapat meningkatkan pengalaman pengguna dengan menambah rasa inovasi dan "kesejukan". Flash dan AJAX adalah teknologi indah yang secara dramatis dapat meningkatkan pengalaman pengguna atau membuat mimpi buruk.

5. Interaktivitas - situs Web pemasaran Beberapa didesain hanya untuk memberikan informasi. Situs-situs pemasaran yang terbaik menggunakan kalkulator, alat dan / atau video. Misalnya, video memungkinkan pengguna untuk melihat orang-orang yang terlibat dalam operasi atau produk baru demo. Sebuah situs yang lebih interaktif berarti pengunjung lebih terlibat dan d kemungkinan peningkatan pengalaman pengguna yang positif.

6.
Copywriting - Ribuan dolar dihabiskan merancang dan pemrograman situs Web pemasaran dan terlalu sering konten yang membingungkan atau tidak memadai untuk menyampaikan makna yang tepat. Pikirkan dampak dari kesalahan ketik dalam pemrograman komputer. Salah satu karakter yang salah dan Anda bisa menghabiskan debugging jam. Di sisi lain, situs pemasaran yang terbaik yang ditulis dengan baik dan mengoreksi untuk menghilangkan kesalahan ketik.

7.
Kemudahan Penggunaan - Pada hari-hari awal, beberapa "keren" situs yang mustahil untuk menavigasi. Hari ini situs Web yang jauh lebih baik untuk membiarkan pengguna tahu di mana mereka berada di situs tersebut, melalui navigasi breadcrumb dan bagaimana menemukan informasi yang mereka inginkan dengan memanfaatkan panggilan keluar tombol dan informasi tambahan dalam navs samping. Perlu diingat bahwa situs web terbaik memberikan konten dalam tiga "klik" atau kurang. Hal ini juga penting untuk membuat situs web mudah digunakan untuk mesin pencari spidering situs, jadi pastikan untuk menyertakan peta situs teks untuk memastikan mesin pencari dapat mengindeks setiap halaman.

Menurut Saya Kesimpulannya Adalah :

1. Design : Dalam mendesign suatu web pilih warna yang contrast (tidak norak) sehingga pengunjung tetap pada website lebih lama dan terlihat menarik.

2. Isi : isi  dari website merupakan hal yang penting, maka kita harus pintar-pintar meletakkan isi dan menyesuaikannya dengan design yang ada, karena user mengunjungi website karena isi dari website tersebut.

3. Inovasi
: sebuah inovasi sangat penting untuk menambah kesan dari website tersebut, jika banyak mengcopy dari website lain maka sebuah ide atau inovasi tidak akan berkembang, widget, aplikasi pada dekstop yg kecil atau penambahan jejaring sosial merupakan sesuatu yang bagus dan pengembangan website terus digunakan.

4. Teknologi : Penggunaan teknologi yang signifikan dan tepat sasaran pada website maka pengunjung dapat dengan mudah mengerti isi dari website. jadi kita tidak dianjurkan menggunakan teknologi yang berlebihan pada website yang kita buat karena mungkin user akan lebih sulit untuk mencari informasi pada suatu website, tapi disisi lain penggunaan teknologi dapat mengubah sudut pandang user untuk menambah pegalaman baru sebagai kemampuan berinovasi dan terlihat keren sehingga user lebih tertarik mengunjungi website dan sampai kebawa mimpi.

5. Interaktif : Situs yang interaktif berarti pengunjung ikut terlibat didalamnya dan dapat meningkatkan pengalaman pengunjung. dalam artikel dijelaskan bahwa jika situs digunakan untuk media promosi alangkah baiknya ditambah dengan Misalnya, video yang memungkinkan pengguna untuk melihat orang-orang yang terlibat dalam operasi atau demo produk baru. Tapi ini tergantung dari budget dan speed internet.(menurut saya)

6. Copywriting : mengurangi kesalahan dalam ketikan pada proses progamming karena itu berakibat fatal. intinya kita harus teliti dan benar-benar difikirkan secara matang.

7. Mudah digunakan :  “Keep in mind that the best Web sites deliver content in three ‘clicks’ or less. Membuat situs alangkah baiknya bila mempermudah pengunjung.
Hal ini juga penting untuk membuat situs Web yang mudah digunakan untuk penjelajah mesin pencari situs, jadi pastikan untuk menyertakan peta situs teks untuk memastikan bahwa mesin pencari dapat mengindeks setiap halaman




SEO


TUTORIAL BLOG


WIDGET


TOOL BLOG


ARTIKEL LAINNYA :


DESIGN========================================

INTERNET==================================

SECURITY======================================


TRIK WINDOWS============================




EARN $==================================





Penulis : ADMIN ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Tips Berguna Dalam Web Design ini dipublish oleh ADMIN pada hari Saturday, June 16, 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 4 komentar: di postingan Tips Berguna Dalam Web Design
 

4 comments:

  1. fantastic post and Thanks for sharing this info. It's very helpful.
    web agency brussels

    ReplyDelete
  2. Really nice blog. Color and font also play a key role in improving the quality of the web design. White text on black will attracts the user attention. While designing the site, it is best to look at colors and should be appropriate that you select.

    adobe photoshop training courses

    ReplyDelete
  3. Hi, this blog is really amazing and provide me answers to all my questions.your designing improving the quality of web design.
    Web Development Agency

    ReplyDelete

Zona Download Software Gratis
DESIGN
SECURITY
TOOLS WINDOWS
  • CamStudio 8  (Tool untuk merekam layar komputer ke format video)
INTERNET
AUDIO/VIDEO
OTHERS