Materi Kuliah : Rekayasa Perangkat Lunak
Langkah - Langkah Untuk Mendesain Suatu Perangkat Lunak
Metode Desain Adalah :
- Proses multi langkah di mana representasi struktur data, struktur program, karakteristik interface, dan detail prosedur disintesis dari persyaratan informasi
- Metode yang dibutuhkan untuk membuat masing2 lapisan model desain (desain data -> desain interface ->desain arsitektural ->desain prosedural)
- Sasaran -> memberikan suatu pendekatan sistematis bagi penarikan desain – cetak biru untuk membangun suatu PL
Bagian Penting Dalam Metode Desain Perangkat Lunak
- Desain data
- Desain arsitektur
- Proses desain arsitektur
- Pemetaan transformasi
- Pemetaan transaksi
- Pasca pemrosesan desain
- Optimasi desain arsitektur
- Desain interface
- Desain interface manusia-mesin
- Pedoman desain interface
- Desain prosedural
Prinsip yang dapat digunakan untuk menentukan dan mendesain data
- Prinsip analisis sistematik yg diaplikasikan pada fungsi & perilaku seharusnya diaplikasikan juga pada data
- Semua struktur data & operasi yg akan dilakukan pd masing2 struktur data harus diidentifikasi
- Kamus data harus dibangun dan digunakan untuk menentukan baik data maupun desain program
- Keputusan desain data tingkat rendah harus ditunda sampai akhir proses desain
- Representasi struktur data hanya boleh diketahui oleh modul - modul yang harus digunakan secara langsung data yg diisikan di dalam struktur tersebut
- Pustaka stuktur data dan operasi yg berguna yang dapat diaplikasikan pada stuktur data tersebut harus dikembangkan
- Desain PL dan bahasa pemrograman harus medukung spesifikasi dan realisasi dari tipe2 data abstrak
Desain arsitektur Adalah
- Sasaran -> Untuk mengembangkan struktur program modular dan merepresentasikan hubungan kontrol antar modul
- Membentuk struktur program dan struktur data dengan menentukan interface yg memungkinkan data mengalir melalui program
- Kontributor -> konsep desain awal yg menekankan pd modularitas, desain top-down dan structural programming
- Area aplikasi ->semua PL dapat direpresentasikan o/ suatu DAD, maka metode desain yg menggunakan diagram dpt secara teoritis diaplikasikan pd pengembangan PL
Proses desain arsitektur
- Desain yg berorientasi pd aliran data merupakan suatu metode desain arsitektur yg mengijinkan transisi yg baik dari model analisis ke deskripsi desain dari struktur program
- Transisi dari aliran informasi (DAD):
- Tipe aliran informasi dibangun
- Batas aliran diindikasikan
- DFD dipetakan ke dalam struktur program
- Hirarki kontrol ditentukan dengan pemfaktoran
- Struktur resultan disaring dengan menggunakan pengukuran desain
Pemetaan Transformasi
Serangkaian langkah desain yg mengijinkan sebuah DFD dengan karakteristik aliran informasi u/ dipetakan ke dalam template yg telah ditentukan sebelumnya u/ struktur program
Sebuah contoh
Langkah2 desain
- Langkah1: kajilah model sistem fundamental (mencakup DFD tingkat 0 dan informasi yg mendukung)
- Langkah2: kajilah dan saring diagram aliran u/ Pl tsb (lanjut ke DFD tingkat2)
- Langkah3: tentukan apakah DFD memiliki karakteristik aliran transformasi dan transaksi (DFD tingkat 3)
- Langkah4: Isolasi pusat transformasi dengan mengkhususkan batas aliran masuk dan keluar
- Langkah5: “pemfaktoran tingkat pertama” (pemfaktoran menghasilkan struktur program di mana modul tingkat puncak membuat keputusan, modul bawah melakukan kerja input, komputasi, input dan menengah menjalankan beberapa kontrol dan sejumlah kerja)
- Langkah6: lakukan pemfaktoran tingkat 2, dengan memetakan transformasi (gelembung) individual dari suatu DFD ke dalam modul2 yg sesuai dlm struktur program
- Langkah7: saringlah struktur program iterasi pertama dengan menggunakan heuristik desain bagi kualitas PL yg telah ditingkatkan
Artikel ini hanya sebagian dari isi artikel ,Untuk materi lengkap beserta gambarnya tentang Metode Desain Perangkat Lunak silahkan download file PPT nya Disini :
Silahkan di Unduh
(Setelah KLIK "Download" lalu tunggu 5 detik sampai muncul "SKIP AD" di sudut kanan atas. Lalu klik "SKIP AD" untuk mendownload)
Artikel Terkait Materi Kuliah TI
Komunikasi Data
Pemograman
Sistem Operasi
Matematika Diskrit & Logika
Arsitektur Komputer
Interaksi Manusia Dan Komputer
Probabilitas Dan Statistik
•Rumus Kovariansi,Diskrit,Kontinyu,Dan Persamaan Korelasi
•Pengenalan Materi Probabilitas Dan Statistik
•Memahami Teori Himpunan
•Permutasi Dan Kombinasi
•Harapan Matematik ( Ekspetasi)
•Analisis Data Dan Statistik
•Variabel Acak Dan Fungsi Distribusi Peluang Diskrit
•Teorema Bayes
•Peluang Bersyarat Diskrit
•Fungsi Distribusi Peluang Kontinyu
Jaringan Komputer
Teknik Digital
Sistem Informasi Manajemen Dan Bisnis
Rekayasa Perangkat Lunak
Teknik Perantara Peripheral
ARTIKEL LAINNYA :
TRIK WINDOWS============================
DESIGN========================================
INTERNET==================================
SECURITY======================================
EARN $==================================
Metode Desain Perangkat Lunak
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
DESIGN
|
SECURITY
|
TOOLS WINDOWS
|
INTERNET
|
AUDIO/VIDEO
|
OTHERS
|
0 comments:
Post a Comment