Metode Desain Perangkat Lunak

Materi Kuliah : Rekayasa Perangkat Lunak 



Langkah - Langkah Untuk  Mendesain Suatu Perangkat Lunak



Metode Desain Adalah :

  • Proses multi langkah di mana representasi struktur data, struktur program, karakteristik interface, dan detail prosedur disintesis dari persyaratan informasi
  • Metode yang dibutuhkan untuk membuat masing2 lapisan model desain (desain data -> desain interface ->desain arsitektural ->desain prosedural)
  • Sasaran -> memberikan suatu pendekatan sistematis bagi penarikan desain – cetak biru untuk membangun suatu PL

Bagian Penting Dalam Metode Desain Perangkat Lunak 

  • Desain data
  • Desain arsitektur
  • Proses desain arsitektur
  • Pemetaan transformasi
  • Pemetaan transaksi
  • Pasca pemrosesan desain
  • Optimasi desain arsitektur
  • Desain interface
  • Desain interface manusia-mesin
  • Pedoman desain interface
  • Desain prosedural

Prinsip yang dapat digunakan untuk menentukan dan mendesain data

  • Prinsip analisis sistematik yg diaplikasikan pada fungsi & perilaku seharusnya diaplikasikan juga pada data
  • Semua struktur data & operasi yg akan dilakukan pd masing2 struktur data harus diidentifikasi
  • Kamus data harus dibangun dan digunakan untuk menentukan baik data maupun desain program
  • Keputusan desain data tingkat rendah harus ditunda sampai akhir proses desain
  • Representasi struktur data hanya boleh diketahui oleh modul - modul yang harus digunakan secara langsung data yg diisikan di dalam struktur tersebut
  • Pustaka stuktur data dan operasi yg berguna yang dapat diaplikasikan pada stuktur data tersebut harus dikembangkan
  • Desain PL dan bahasa pemrograman harus medukung spesifikasi dan realisasi dari tipe2 data abstrak


Desain arsitektur Adalah

  • Sasaran -> Untuk mengembangkan struktur program modular dan merepresentasikan hubungan kontrol antar modul
  • Membentuk struktur program dan struktur data dengan menentukan interface yg memungkinkan data mengalir melalui program
  • Kontributor -> konsep desain awal yg menekankan pd modularitas, desain top-down dan structural programming
  • Area aplikasi ->semua PL dapat direpresentasikan o/ suatu DAD, maka metode desain yg menggunakan diagram dpt secara teoritis diaplikasikan pd pengembangan PL


Proses desain arsitektur

  • Desain yg berorientasi pd aliran data merupakan suatu metode desain arsitektur yg mengijinkan transisi yg baik dari model analisis ke deskripsi desain dari struktur program
  • Transisi dari aliran informasi (DAD):
  • Tipe aliran informasi dibangun
  • Batas aliran diindikasikan
  • DFD dipetakan ke dalam struktur program
  • Hirarki kontrol ditentukan dengan pemfaktoran
  • Struktur resultan disaring dengan menggunakan pengukuran desain

Pemetaan Transformasi


Serangkaian langkah desain yg mengijinkan sebuah DFD dengan karakteristik aliran informasi u/ dipetakan ke dalam template yg telah ditentukan sebelumnya u/ struktur program
Sebuah contoh

Langkah2 desain


  •     Langkah1: kajilah model sistem fundamental (mencakup DFD tingkat 0 dan informasi yg mendukung)
  •     Langkah2: kajilah dan saring diagram aliran u/ Pl tsb (lanjut ke DFD tingkat2)
  •     Langkah3: tentukan apakah DFD memiliki karakteristik aliran transformasi dan transaksi (DFD tingkat 3)
  •     Langkah4: Isolasi pusat transformasi dengan mengkhususkan batas aliran masuk dan keluar
  •     Langkah5: “pemfaktoran tingkat pertama” (pemfaktoran menghasilkan struktur program di mana modul tingkat puncak membuat keputusan, modul bawah melakukan kerja input, komputasi, input dan menengah menjalankan beberapa kontrol dan sejumlah kerja)
  •     Langkah6: lakukan pemfaktoran tingkat 2, dengan memetakan transformasi (gelembung) individual dari suatu DFD ke dalam modul2 yg sesuai dlm struktur program
  •     Langkah7: saringlah struktur program iterasi pertama dengan menggunakan heuristik desain bagi kualitas PL yg telah ditingkatkan

Artikel ini hanya sebagian dari isi artikel ,Untuk materi lengkap beserta gambarnya tentang Metode Desain Perangkat Lunak silahkan download file PPT nya Disini :




Silahkan di Unduh
(Setelah KLIK "Download" lalu tunggu 5 detik sampai muncul "SKIP AD" di sudut kanan atas. Lalu klik "SKIP AD" untuk mendownload)


Berpenghasilan Dari Sekedar Ngeblog

Artikel Terkait Materi Kuliah TI

    Komunikasi Data

    Pemograman

    Sistem Operasi

    Matematika Diskrit & Logika

    Arsitektur Komputer

    Interaksi Manusia Dan Komputer

    Probabilitas Dan Statistik

    Jaringan Komputer

    Teknik Digital

    Sistem Informasi Manajemen Dan Bisnis

    Rekayasa Perangkat Lunak

    Teknik Perantara Peripheral



    ARTIKEL LAINNYA :


    TRIK WINDOWS============================


    DESIGN========================================

    INTERNET==================================

    SECURITY======================================



    EARN $==================================











    SEO


    TUTORIAL BLOG


    WIDGET


    TOOL BLOG



    Penulis : ADMIN ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

    Artikel Metode Desain Perangkat Lunak ini dipublish oleh ADMIN pada hari Wednesday, May 30, 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Metode Desain Perangkat Lunak
     

    0 comments:

    Post a Comment

    Zona Download Software Gratis
    DESIGN
    SECURITY
    TOOLS WINDOWS
    • CamStudio 8  (Tool untuk merekam layar komputer ke format video)
    INTERNET
    AUDIO/VIDEO
    OTHERS